Siapakah Yesus?

Bil 20:1-13

Mat 16:13-23

Kehadiran Yesus tak dapat disangkal membuat orang bertanya-tanya, siapakah gerangan orang ini yang mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan besar? Itulah salah satu pertanyaan yang juga mengundang perhatian Yesus untuk bertanya kepada para muridNya yang berusaha untuk setia mengikutiNya.

“Menurutmu, siapakah aku ini?” Simon Petrus menjawab, “Engkau adalah mesias, Anak Allah yang hidup”. Jawaban spontan dari Simon Petrus menunjukkan betapa dalam pengenalannya akan Yesus. Karena itu Yesus memberikan suatu penghargaan dengan memilih Simon Petrus menjadi pemimpin GerejaNya dan menyerahkan kunci Kerajaan Surga kepadanya.

Akan tetapi bila kita cermati, tidak lama berselang Petrus ditegur oleh Yesus. Mengapa? karena ia cenderung berpikir dengan cara manusiawi, daripada dengan cara Allah.

Itulah dinamika iman Petrus, yang sejkaligus menjadi cerminan dari dinamika iman kita. Ada saat, kita Sangat antusias dalam iman bila kita mengikuti cara Allah. Ada saat, kita Amat loyo dalam iman bila kita hanya mengandalkan kemanusiaan kita.

Oleh karena itu, Yesus menuntut kita agar mengenalnya secara lebih intim agar kta juga mampu menjadi tanda kehadiranNya.

No comments:

Post a Comment