APA YANG PALING BERHARGA?

Kel 34:29-35; Matius 13:44-46

Dalam hidup, kita semua tentu memiliki sesuatu yang begitu berharga, entah uang, emas, atau harta benda lain, jabatan, kepandaian, atau apa saja, anak, orang tua atau orang-orang yang kita cintai yang semuanya sukar dilepaskan demi alasan apa pun. Kita menjadi sedemikian berat bila harus kehilangan harta itu.

Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita bahwa Kerajaan Sorga jauh lebih berharga daripada harta benda apa pun di dunia ini. Oleh karena itu, mereka yang telah menemukan Kerajaan Sorga tidak akan segan-segan untuk meninggalkan segala miliknya demi Kerajaan Sorga itu. Tuhan Yesus memberikan suatu jaminan, ketika segala sesuatu ditinggalkan untuk memperoleh Kerajaan Sorga. Jaminan itu berupa rahmat cinta kasih dan harapan dalam hidup.

Tuhan Yesus menghendaki agar kita senantiasa berusaha lepas dari kelekatan itu, jika kita ingin mengalami Kerajaan Sorga. Harta duniawi hanyalah bersifat sementara. Oleh karenanya bisa saja hilang, atau bahkan menjadi sumber konflik serta petaka. Kerajaan Sorga adalah harta rohani yang sifatnya abadi yang menjadi sumber sukacita kedamaian.

Dengan bantuan Ramat Allah kita senantiasa diajak untuk menyadari betapa berharganya harta sorgawi itu. Betapa lepas bebasnya kita bila memiliki harta sorgawi itu.