Hal Mengikuti Yesus

Bil 13:1-2.25; 14:1.26-29
Mat 15:21-28

Apa jadinya bila dalam suatu perjalanan yang sangat melelahkan, ada salah seorang yang berteriak-teriak. Tak jarang orang yang berteriak-teriak itu akan diusir. Kalau kita mencermati fenomena di sekitar kita, tidak sedikit orang dyang begitu sibuk dengan pekerjaannya, bisnisnya, tugasnya dst. Dalam kesibukan seperti itu pula tak dapat dipungkiri bahwa pikiran manusia menjadi penuh dan biasanya tidak mau diganggu, apalagi dengan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan kesibukannya. Bahkan orang yang datang dan minta pertolongan dianggap mengganggu.
Situasi yang demikianlah yang seringkali menutup hati orang terhadap kehadiran Allah baik melalui sabdaNya maupun melalui orang-orang yang berada di sekitar kita. Hal itu juga membuat seseorang tidak melihat orang lain di sekitarnya yang kadang memang memerlukan perhatiannya atau perlu ditolong.
Hari ini Tuhan Yesus mengajak kita yang berkomitmen untuk mengikuti Yesus agar senantiasa meluangkan waktu Tuhan dan untuk mereka yang berada di sekitar kita. Kita bisa mendengarkan mereka, memperhatikan mereka bahkan bila mungkin membantu atau menolong mereka yang mengalami kesulitan. Hal ini hanya mungkin bila hati kita terbuka bagi sabda Yesus yang kita ikuti dan akhirnya mengalir pada keterbukaan hati kita kepada mereka.
Semoga berkat Tuhan selalu menyertai usaha dan perjuangan kita.