Ketika Kerajaan Sorga Diumpamakan sebagai Pukat


Mat 13:47-53

Pukat merupakan suatu alat semacam jala yang digunakan untuk menangkap ikan. Ukurannya lebih besar daripada jala, maka kemungkinan untuk mendapatkan ikan yang lebih banyak dan bermacam-macam, sangat besar. Ikan-ikan yang ‘terperangkap’ dalam pukat semestinya ditarik ke tepi pantai dan bahkan harus sampai ke darat, sehingga ikan-ikannya dapat dipilah-pilah mana yang baik dan mana yang tidak baik diambil.

Demikianlah bila Kerajaan Sorga diumpamakan sebagai pukat, maka Kerajaan Allah mempunyai kemampuan ‘menangkap’ lebih banyak dan berbagai macam orang termasuk kita. Kitalah yang menjadi ikan-ikannya. Kita yang tak akan luput dari pukat itu, tentu juga akan dipilah dan diambil. Kita akan diambil dari pemilik pukat itu, bila kita memiliki mutu yang baik.

Ikan yang bermutu baik biasanya ikan yang sehat, segar dan gemuk. Mutu inilah yang senantiasa harus kita miliki. Tentu mutu itu bukan semata-mata terletak pada yang tampak secara fisik, melainkan tampak bahwa kita bermutu di mata Allah. Bermutu, sehat di mata Allah bila mempunyai relasi yang akrab dengan Allah dan tampak dalam penyerahan hidup serta kesetiaannya kepada Allah.

No comments:

Post a Comment