Berjerihpayah

Ul 10:12-22
Mat 17:22-27

Hal membayar pajak ditunjuk oleh Yesus sebagai kewajiban setiap warga. Namun kiranya menarik untuk diperhatikan bagaimana mengusahakan uang. Petrus disuruh oleh Yesus untuk memancing di danau. Dalam mulut ikan yang pertama yang diperoleh akan didapatkan mata uang dirham utnk membayar pajak. Luar biasa, alangkah mudahnya hidup bersama Yesus. Sepertinya tak perlu bekerja keras untuk mendapatkan rezeki. Tentu ini adalah mukjizat? Ingat, di padang gurun tatkala digodai iblis untuk memakai kekuasaannya, untuk kepentingan pribadiNya, Yesus menolak (Mat 4:1-11).
Kecenderungan manusia memahami kuasa Yesus seolah-olah Dia tukang sulap. Tak sedikit orang yang menghendaki agar Tuhan mengerjakan segala sesuatu baginya, tanpa ia harus berusaha dan berlelah-lelah. Tak sedikit orang yang menghendaki cara yang gampang.
Melalui Petrus, Yesus mengingatkan kita untuk berusaha mendapatkan rejeki dengan berjerihpayah menjalankan profesi dan pekerjaan kita. Petrus sebagai nelayan harus berusaha menangkap ikan supaya ia memperoleh uang untuk melunasi kewajiban-kewajibannya bersama Yesus dan murid-murid lain.

No comments:

Post a Comment