Mereka Trus Kemana?






















Di mana arwah orang yang sudah meninggal dan bagaimana keadaannya? Itulah pertanyaan yang sering dilontarkan dari kalangan umat kepada pemandu pendalaman Kitab Suci, katekis, prodiakon, suster, frater, bruder atau pastor. Tak jarang dari mereka yang mulai membuat perkiraan atau penafsiran. Soal kebenaran atas jawaban itu menjadi nomer ke sekian, yang penting setelah pertanyaan itu dilontarkan saat itu pulalah diperoleh jawabannya.


Kita sebaiknya kembali ke Injil, Kabar Gembira yang salah satunya ditulis untuk menyampaikan kembali kesaksian diri orang yang telah betul-betul mengalami kematian dan bangkit, yakni Yesus Kristus. Kisah-kisah pengajaran, mukjizat, dan tindakan-tindakan lainnya takkan banyak artinya bila tak dibaca dalam terang kebangkitannya itu.

Ada kekuatan di balik perkataan Yesus kepada orang yang disalib bersama dengannya, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya HARI INI juga engkau akan ada bersama-sama aku DI DALAM FIRDAUS!" (Luk 23:43). Dengan demikian menjadi jelas keyakinan iman dalam komunitas awal bahwa orang yang minta agar diingat oleh Sang Tersalib yang nantinya bangkit itu akan ada bersama dengannya. Kapankah itu? Hari itu juga. Itu artinya langsung pada saat meninggalkan dunia itulah orang masuk dalam firdaus. Oleh karena itu tidak dapat disangkal lagi kepercayaan para pengikut Kristus mengenai apa yang bakal terjadi dengan arwah orang yang meninggal.

No comments:

Post a Comment