St. Maria Magdalena


Rabu, PW St. Maria Magdalena Yoh 20:1-2, 11-18

Hari ini Gereja memperingati St. Maria Magdalena (dari Magdala). Dia adalah saksi pertama kebangkitan Yesus. Dialah salah satu wanita yang memiliki relasi yg amat personal atau intim dengan Yesus sebagai guru, sekaligus sebagai sahabatnya. Relasi amat personal ini dengan amat baik dikisahkan dalam novel Pengakuan Maria Magdalena: Saat-saat Intim Bersama Sang Guru (Rm. Martin Suhartono SJ).

Kisahnya mengunjungi Yesus di makam pagi-pagi benar (uput-uput) menunjukkan bahwa betapa Maria Magdalena ingin menjadi orang yang pertama datang dan mengurapi tubuh Yesus.

Tetapi, ketika ternyata tubuh Yesus sudah tidak ada lagi, kubur menjadi kosong, hati Maria Magdalena pun menjadi kosong, putus asa, sehingga ia tidak bisa melihat dan mendengar dengan jernih. Hati yang berkecamuk dan tidak hening membuat kehadiran Yesus tersembunyi baginya, sehingga Ia tidak bisa mengenali sapaan Yesus.

Namun ketika hati Maria mulai tenang, dan Yesus menyapa dengan sapaan personal, ia mulai mengenal suara Yesus. Maria mengajak kita :
- untuk senantiasa hening dalam hati agar kita menjadi peka terhadap sapaan Allah
- untuk mengenal (menjalin relasi dengan) Yesus secara lebih personal

No comments:

Post a Comment