Kamu harus memberi mereka makan!

'dijepret' 24 Juni 2014, di sudut kota Milan
Salah satu kebutuhan primordial manusia adalah lapar. Tetapi Sabda Tuhan hari ini mengatakan bahwa lapar tidak berarti hanya membutuhkan makanan sehari-hari, tetapi semua yang diperlukan untuk manusia untuk hidup bermartabat.

Kita dapat membacanya dalam Markus 6:34-44, "Yesus melihat sejumlah besar orang , maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala". Orang-orang itu lapar akan kebenaran, petunjuk arah dan panduan yang pasti bagi hidupnya. Dan tampaknya Yesus tahu yang mereka butuhkan, dan itu lah yang pertama-tama dipenuhinya.


Yesus juga berseru, "Kamu harus memberi mereka makan!" Tampaknya ini adalah tanggapan Yesus atas usulan para murid untuk menyuruh mereka pergi dan mencari atau membeli makan sendiri-sendiri. Yesus justru meminta para murid untuk memberi makan kepada sejumlah orang itu dengan apa yang mereka miliki.


Rasanya bukan sekedar ajakan, melainkan sebuah perintah mendesak yang menuntut tanggungjawab. Perintah untuk peduli atas kebutuhan manusia, sesama kita yang berkekurangan, sedang dalam kesulitan, sedang berduka, sedang ragu-ragu, sedang putus asa, dan terlebih sedang terpisah dari Allah. Mereka sedang ada di dekat kita, di sekitar kita.


No comments:

Post a Comment